rss_feed

Desa Batungsel

Jl. Raya Antosari - Pupuan
Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan Provinsi Bali , Kode Pos 82163

036271139 mail_outline pemdesbatungsel@gmail.com

Perayaan
Hari Kartini
  • I WAYAN ARDIJAYA

    Perbekel Desa

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    06 November 2023 13:32:26
  • I MADE NABA

    Sekretaris Desa

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    14 Februari 2024 13:51:01
  • KETUT WILIYANTORO

    Kasi Pemerintahan

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    05 April 2024 13:04:02
  • I NYOMAN SUYASA

    Kasi Kesejahteraan

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    28 April 2023 19:02:57
  • BUDI RAHAYU

    Kasi Pelayanan

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    12 Juni 2023 11:14:17
  • NI WAYAN NURYATI

    Kaur Keuangan

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    27 Desember 2023 10:23:14
  • NI MADE RINAWATI

    Kaur Tata Usaha dan Umum

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    10 April 2024 10:57:12
  • I GEDE EKA PERMANA PUTRA

    Kaur Perencanaan

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    18 Oktober 2022 07:18:23
  • I WAYAN SURYANA

    Kawil Pempatan

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    06 April 2022 03:51:10
  • I MADE KARYAWAN

    Kawil Batungsel Kaja

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    05 April 2024 19:24:32
  • NI WAYAN KELIASIH

    Kawil Batungsel Kelod

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    12 Juni 2023 11:22:23
  • I NYOMAN SUTARA

    Staff Umum

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    02 Juni 2022 00:48:38
  • NI LUH GEDE EVA INDRAYANTI

    Staff Keuangan

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    01 April 2024 14:54:52
  • I NYOMAN ARTA GUNAWAN

    Operator Website Desa

    Tidak Ada di Kantor
    Login Terakhir:
    05 April 2024 10:12:47

settings Pengaturan Layar

Desa Batungsel, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan. informasi pelayanan mandiri dapat menghubungi Administrator melalui Email : pemdesbatungsel@gmail.com
Bulan Ini
Kelahiran
0 Orang
Kematian
0 Orang
Masuk
1 Orang
Pindah
0 Orang
Bulan Lalu
Kelahiran
1 Orang
Kematian
1 Orang
Masuk
1 Orang
Pindah
0 Orang

0

Hari Ini

0

Kemarin

0

Minggu Ini

9

Bulan Ini

23

Bulan Lalu

129

Tahun Ini

631

Tahun Lalu

2,374

Total
fingerprint
Ketua KPU Provinsi Bali Siap Jemput Logistik jika ada yang belum tiba khususnya berupa surat suara

26 Januari 2024 10:45:36 62 Kali

Ketua KPU Bali Siap Jemput Logistik

Jika Tak Tiba di Bali pada 5 Februari Nanti

TABANAN, Dikutip Dari NusaBali - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bali, I Dewa Agung Gede Lidartawan mengatakan akan menjemput langsung logistik Pemilu 2024 khususnya berupa surat suara jika ada yang belum tiba hingga 5 Februari 2024 mendatang.

“Kita pastikan tanggal 5 Februari di Bali, apapun risikonya saya akan jemput surat suara atau kelengkapan lainnya,” kata Lidartawan usai penanaman pohon pengganti kertas Pemilu 2024 di Lapangan Wayan Bulit, Kelurahan Serangan, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Kamis (25/1). Lidartawan mengakui hingga saat ini logistik yang masih dinantikan adalah surat suara kelima jenis pemilihan yang rusak saat disortir di gudang masing-masing KPU kabupaten/kota, karena dicetak di lokasi berbeda, seperti DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota dicetak di Bali, sementara surat suara presiden dan wakil presiden, serta DPD RI diproses pusat.

“Tanggal 5 Februari harus sudah semua di sini (Kantor KPU Bali), sehingga nanti tanggal 10 Februari kalau ada yang sudah mengirim kotak duluan saya pastikan tanggal 13 Februari-nya itu semua sudah lengkap di PPS desa,” ujarnya. Di luar itu, KPU Bali melihat jajarannya di kabupaten/kota sudah hampir selesai memetakan kelengkapan pemungutan suara dalam kotak, seperti contoh di Kabupaten Buleleng yang tinggal melakukan penyegelan kotak, namun terkendala kelengkapan surat suara.

Rencananya vendor dalam Bali untuk pencetakan surat suara DPR dan DPRD akan mengirim kekurangan akibat kerusakan pada hari ini (kemarin), seluruhnya akan diantar ke Kantor KPU Bali di Jalan Tjok Agung Tresna, Denpasar, untuk kemudian diambil oleh kabupaten/kota dibawa ke gudang masing-masing. “Mungkin ada kekurangan kemarin, misalnya dalam kotak 500 jadi 400. Hari ini kita kembalikan kurang-kurangnya mudah-mudahan 100 persen penyedia di Bali memberikan hari ini. Untuk surat suara presiden juga kemarin kita telepon sepertinya kalau tidak hari ini (kemarin) itu besok (hari ini) dikirim kekurangannya,” ujar Lidartawan.

Dia menargetkan pada 13 Februari mendatang seluruh logistik Pemilu 2024 yang tersegel dalam kotak sampai di masing-masing desa/kelurahan dan dijaga PPS, kemudian esoknya pada hari pemungutan suara di pagi hari tiba di masing-masing TPS. Di Bali sendiri menurutnya tak ada akses yang sulit dijangkau, paling rawan menurut Lidartawan adalah area perbukitan dimana kotak logistik harus dijinjing manual ke tempat pemungutan suara.

“Itu sudah tantangan kita, mudah-mudahan tahun ini tidak ada lagi seperti pemilu sebelumnya yang dua jam setelah mulai pemungutan logistik baru di TPS. Saya sudah kontrol semua bahkan di gudang logistik pun kamera pengawas dihubungkan ke KPU Bali dan KPU RI,” kata dia. Terkait antisipasi cuaca, Lidartawan mensyaratkan agar logistik diangkut menggunakan mobil box, apabila hanya ada truk maka diwajibkan dilapisi terpal ganda agar ketika hujan logistik yang diangkut tidak kemasukan air.

Terpisah KPU RI memastikan bahwa tahapan sortir dan lipat surat suara serta pengemasan semua logistik pemilu di seluruh kabupaten kota dapat selesai 100 persen pada 1 Februari 2024. Komisioner KPU RI, Idham Kholik di sela meninjau gudang logistik KPU Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Jogjakarta, Kamis kemarin mengatakan bahwa proses sortir dan lipat surat suara di Bantul sudah selesai, dan saat ini tinggal proses pengemasan logistik pemilu.

"Hari ini setelah saya menghadiri kegiatan pelantikan KPPS di Jogjakarta, sekarang meninjau gudang logistik pemilu di KPU Bantul, dan Alhamdulillah semuanya berjalan lancar dan dipastikan 1 Februari 2024 semuanya sudah 100 persen selesai," katanya.

Dia juga mengatakan, proses sortir dan lipat surat suara serta pengemasan logistik baik kotak suara, bilik suara hingga perlengkapan di tempat pemungutan suara (TPS) lainnya secara nasional juga sejauh ini tidak mengalami hambatan maupun kendala. "Secara nasional juga sama, tidak ada hambatan yang berarti, Insya Allah akan memberikan pelayanan kepada pemilih sebagaimana mestinya di TPS pada Rabu 14 Februari, semuanya sudah siap untuk melayani pemilih," katanya. Terkait adanya surat suara yang rusak setelah disortir, pihaknya memastikan sudah tertangani, dan diupayakan penggantian sebelum 1 Februari 2024 terdistribusi ke KPU daerah yang mengajukan penggantian.

"Berkaitan dengan hal tersebut (surat suara rusak) akan segera dipenuhi, yang jelas tanggal 1 Februari semuanya harus sudah selesai, juga di daerah daerah pelosok semua insyaallah tidak ada masalah," katanya. Pihaknya juga memastikan tahapan penyiapan logistik Pemilu di semua daerah semuanya berjalan lancar proses, baik sortir dan lipat surat suara serta pengemasan, semuanya harus tepat waktu. "Secara nasional tidak ada masalah, karena hari ini hampir dipastikan semuanya sudah selesai untuk pelipatan, sekarang proses pengemasan saja," katanya.

Sementara penyelenggaran Pemilu 2024 dinilai banyak berutang pada alam. Sebab, jutaan pohon telah ditebang untuk memproduksi bubur kayu atau bahan logistik pemilu seperti surat suara, formulir, dan lainnya. Data dari KPU RI menerangkan, berbagai kebutuhan logistik Pemilu 2024 menghabiskan 65.998 ton kertas. Diasumsikan 11,6 kilogram kertas setara satu batang pohon. Maka, dibutuhkan 5.709.898 bibit pohon untuk 'membayar utang' pemilu kepada alam.

Dari lima jutaan bibit pohon, Provinsi Bali berkontribusi sebanyak 118.099 bibit. Ratusan ribu bibit pohon cempaka, mangga, jambu, dan lainnya ini pun ditanam serentak dalam satu hari pada, Kamis kemarin di Bali.

Ketua KPU Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan, memimpin penanam pohon serentak ini secara luring dan daring dari Lapangan Wayan Bulit, Kelurahan Serangan, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar. "Kita sudah menggunakan banyak bubur kayu untuk surat suara, formulir, dan lain-lain maka kita wajib mengembalikannya. Kita selalu gunakan tanpa pernah menanam maka keseimbangan alam tentu tidak akan terjadi," ujar Lidartawan ketika ditemui di sela acara.

Lanjut Lidartawan yang juga mantan Ketua KPU Kabupaten Bangli dua periode ini, penanaman 118.099 bibit pohon di Bali dilakukan oleh seluruh jajaran KPU. Mulai dari tingkat provinsi hingga yang bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS). KPU Bali memiliki 70 personel dan KPU Kabupaten/Kota sejumlah 315 personel. Kemudian, ada 285 orang Pantia Pemilihan Kecamatan (PPK), 2.148 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan 115.281 petugas di TPS yakni Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas).

Kata Lidartawan, setiap individu penyelenggara dan pendukung penyelenggaraan pemilu ini wajib menanam satu bibit pohon per orang. Untuk itu, terdapat 118.099 bibit pohon berbagai jenis yang ditanam pada Kamis di seluruh pelosok Pulau Dewata. "Secara nasional, ketika selesai nanti dan terdata, kita akan mendapatkan predikat dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) sebagai penanaman pohon terbanyak dalam satu hari di seluruh Indonesia," imbuh Lidartawan. Selain soal kepedulian terhadap lingkungan dan masa depan penerus bangsa yang berhak merasakan kelestarian alam, penanam pohon ini menurut Lidartawan memiliki filosofi.

Selayaknya pohon yang perlu dirawat, demikian pula demokrasi di Bali. "Semua yang kita tanam harus kita pelihara begitu pula demokrasi di Provinsi Bali. Tegaknya demokrasi harus selalu dipelihara, bukan saja dibuat sekali lalu dibiarkan begitu saja. Tapi, sedikit demi sedikit harus diperbaiki," kata Lidartawan.

Untuk diketahui, penanaman pohon serentak ini diinisiasi oleh KPU Bali untuk dilaksanakan di Pulau Dewata. Namun, KPU RI lantas mengadopsi gagasan ini untuk diterapkan secara nasional. Selain jajaran KPU, penanaman pohon serentak khususnya di Kelurahan Serangan juga dihadiri jajaran Forkopimda Provinsi Bali. Di samping itu, turut mengundang para peserta pemilu untuk membawa pulang satu bibit pohon dan ditanam di areal masing-masing. 
 
 
chat
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
mail
chat

reorder Peta Desa

folder Arsip Artikel


Prakiraan Cuaca

Lokasi : Kab. Tabanan
Koordinat : 115.123667 -8.53689
Diperbarui 12-04-2024 jam 02:48:36

Hari Ini, 12 April 2024
00:00:00

Cerah Berawan
28°C
06:00:00

Hujan Ringan
32°C
12:00:00

Berawan
29°C
18:00:00

Berawan
26°C
Besok, 13 April 2024
00:00:00

Cerah Berawan
28°C
06:00:00

Berawan
32°C
12:00:00

Cerah Berawan
30°C
18:00:00

Cerah Berawan
26°C
Lusa, 14 April 2024
00:00:00

Cerah Berawan
28°C
06:00:00

Berawan
32°C
12:00:00

Berawan
29°C
18:00:00

Cerah Berawan
26°C

Sumber : BMKG | Tema DeNava

INFO GEMPA BUMI TERBARU
11-04-2024 jam 23:50:23
Shakemap
2.72 LS ; 129.39 BT
Magnitude 4.9
Kedalaman 13 km
Pusat gempa berada di laut 14 km barat laut Wahai-Maluku Tengah
Gempa ini dirasakan untuk diteruskan pada masyarakat
Dirasakan III Seram Utara

account_circle Pemerintah Desa

message Komentar Terkini

  • person Ketut Wiliyantoro

    date_range 22 Juni 2022 20:45:06

    Yth Bapak Samuji, untuk mengurus KIA khusus Daerah [...]
  • person Samuji

    date_range 20 Juni 2022 19:04:20

    Ingin urus kia gmn caranya [...]

contacts Media Sosial

Alamat : Jl. Raya Antosari - Pupuan
Desa : Batungsel
Kecamatan : Pupuan
Kabupaten : Tabanan
Kodepos : 82163
Telepon : 036271139
No. HP :
Email : pemdesbatungsel@gmail.com

assessment Statistik Pengunjung

Hari ini : 2.119
Kemarin : 669
Total Pengunjung : 229.462
Sistem Operasi : Unknown Platform
IP Address : 44.200.27.215
Browser : Tidak ditemukan

share Sinergi Program

work Jam Kerja

Hari Mulai Selesai
Senin
07:30:00 14:00:00
Selasa
07:30:00 14:00:00
Rabu
07:30:00 14:00:00
Kamis
07:30:00 14:00:00
Jumat
07:30:00 13:00:00
Sabtu
Libur
Minggu
Libur

assessment Statistik

TRANSPARANSI ANGGARAN
Sumber Data : Siskeudes
insert_chart
APBDesa 2023 Pelaksanaan

Realisasi | Anggaran

Pendapatan Desa
Rp. 1.967.038.289,00 | Rp. 2.001.956.000,00
98.26 %
Belanja Desa
Rp. 1.929.257.532,00 | Rp. 2.151.168.228,39
89.68 %
Pembiayaan Desa
Rp. 149.212.228,39 | Rp. 149.212.228,39
100 %
insert_chart
APBDesa 2023 Pendapatan

Realisasi | Anggaran

Hasil Usaha Desa
Rp. 178.000,00 | Rp. 178.000,00
100 %
Dana Desa
Rp. 941.066.000,00 | Rp. 941.066.000,00
100 %
Bagi Hasil Pajak Dan Retribusi
Rp. 202.471.000,00 | Rp. 225.113.000,00
89.94 %
Alokasi Dana Desa
Rp. 562.999.000,00 | Rp. 562.999.000,00
100 %
Bantuan Keuangan Provinsi
Rp. 92.300.000,00 | Rp. 106.400.000,00
86.75 %
Bantuan Keuangan Kabupaten/Kota
Rp. 142.200.000,00 | Rp. 142.200.000,00
100 %
Hibah Dan Sumbangan Dari Pihak Ketiga Desa
Rp. 19.000.000,00 | Rp. 19.000.000,00
100 %
Bunga Bank
Rp. 6.824.289,00 | Rp. 5.000.000,00
136.49 %
insert_chart
APBDesa 2023 Pembelanjaan

Realisasi | Anggaran

Bidang Penyelenggaran Pemerintahan Desa
Rp. 966.748.292,00 | Rp. 1.070.889.428,39
90.28 %
Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa
Rp. 325.777.740,00 | Rp. 395.336.000,00
82.41 %
Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Desa
Rp. 91.813.000,00 | Rp. 123.230.000,00
74.51 %
Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa
Rp. 332.518.500,00 | Rp. 347.035.000,00
95.82 %
Bidang Penanggulangan Bencana, Darurat Dan Mendesak Desa
Rp. 212.400.000,00 | Rp. 214.677.800,00
98.94 %